Pages

10 FAKTA

Selasa, 08 Februari 2011

10 fakta tentang Alam Semesta

Alam Semesta merupakan sebuah misteri yang masih belum terungkap sampai saat ini. Saat satu misteri terpecahkan, semakin terlihatlah keagungan Allah swt sang mah pencipta.
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy {548}. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (QS: Al A’raaf: 54).
1. Bumi memiliki minimal 4 bulan.
s3753-2
Sebenarnya tidak benar – tapi sangat dekat. Pada tahun 1986, Duncan Waldron menemukan sebuah asteroid (5 kilometer melintasi) yang ada di dalam sebuah orbit elips mengelilingi matahari dengan periode revolusi hampir identik dengan Bumi. Untuk alasan ini planet dan bumi tampak sebagai berikut satu sama lain. Planet periodik bernama Cruithne (diucapkan krin-y?) setelah kelompok kuno orange Skotlandia (juga dikenal sebagai Picts). Karena hubungan yang tidak biasa dengan Bumi, kadang-kadang disebut sebagai bulan kedua Bumi. Cruithne, adalah redup daripada Pluto dan akan membutuhkan setidaknya membutuhkan teleskop 12,5 inci agar menjadi terlihat. Sejak penemuannya, setidaknya tiga asteroid serupa lainnya telah ditemukan. Jenis objek serupa juga ditemukan dalam hubungan planet-planet lain di tata surya kita. Pada gambar di atas (courtesy of Paulus Wiegert), bumi adalah lingkaran biru dengan salib di dalamnya, dan orbit Cruithne diperlihatkan dengan warna kuning.
2. Aktivitas Bintik matahari mungkin merupakan alasan utama untuk suara biola Stradivarius yang indah.
messiah-mosaic-1
Antonio Stradivari adalah dianggap sebagai pembuat biola terbesar yang pernah. Dia tinggal di Italia pada abad 17 dan 18. Ilmuwan belum dapat bekerja tahu apa itu tentang biola yang membuat mereka begitu luar biasa, tetapi mereka tahu bahwa kayu yang digunakan untuk membuat mereka adalah faktor yang sangat penting. Dari tahun 1500-an ke 1800-an, bumi mengalami zaman es kecil sebagian besar karena meningkatnya aktivitas gunung berapi dan penurunan aktivitas matahari. Sebagai hasil dari pendinginan ini, jenis pohon yang digunakan untuk Stradivari biola yang sangat sulit (karena pertumbuhan lambat). Kayu keras terutama bagus ketika membuat biola. Hal ini sangat mungkin bahwa telah Stradivari tinggal di usia yang berbeda, dengan biola tidak akan dihargai seperti sekarang. Gambar di atas adalah terbuat dari tiga foto yang tumpang tindih. Ini menunjukkan cincin di pohon cemara yang digunakan untuk membuat biola Stradivarius paling terkenal, dengan “Mesias.” Baris pertama angka memberikan lebar dari masing-masing cincin dalam milimeter (satu mm adalah ketebalan kuku). Baris bawah memberikan tahun di mana masing-masing cincin tumbuh.
3. Jika dua potong logam bersentuhan di ruang angkasa, mereka menjadi menempel secara permanen.
space
Ini mungkin terdengar sulit dipercaya, tapi itu benar. Dua keping logam tanpa ada lapisan di atasnya akan terbentuk satu bagian dalam ruang vakum. Ini tidak terjadi di atmosfer bumi karena menempatkan lapisan bahan teroksidasi antara permukaan. Ini mungkin tampak seperti itu akan menjadi masalah besar di stasiun ruang angkasa, tetapi karena sebagian besar peralatan yang digunakan ada berasal dari bumi, mereka sudah dilapisi dengan bahan. Bahkan, satu-satunya bukti sejauh ini terlihat dalam percobaan telah dirancang untuk memancing reaksi. Proses ini disebut Cold Welding.
4. Saturnus akan mengapung , Jika Anda meletakkannya diatas air
saturn-voyager
Kepadatan Saturnus sangat rendah sehingga jika anda taruh dalam segelas air, raksasa itu akan mengapung. Sebenarnya Saturnus densitas adalah 0,687 g/cm3, sedangkan kerapatan air adalah 0,998 g/cm3. Pada khatulistiwa Saturnus mempunyai jari-jari ± 4 km 60.268 – yang berarti Anda akan membutuhkan gelas yang sangat besar air untuk menguji ini.
5. Kita sedang bergerak melalui ruang di tingkat kedua 530km
MilkyWay
Galaxy – Bima Sakti berputar dengan kecepatan 225 kilometer per detik. Selain itu, galaksi ini adalah perjalanan melalui ruang angkasa dengan kecepatan 305 kilometer per detik. Ini berarti bahwa kita berjalan pada kecepatan total 530 kilometer (330 mil) per detik. Itu berarti bahwa dalam satu menit Anda sekitar 19 ribu kilometer jauhnya dari tempat Anda berada. Ilmuwan tidak semua setuju pada kecepatan yang Bimasakti tersebut berpergian – perkiraan berkisar antara 130 – 1.000 km / detik. Harus dikatakan bahwa Einstein teori relativitas, kecepatan setiap obyek melalui ruang ini tidak bermakna.
6. Bulan menjauh dari Bumi.
moon
Setiap tahun bulan bergerak 3.8cm lebih jauh dari Bumi. Hal ini disebabkan oleh efek pasang surut. Akibatnya, bumi melambat di rotasi oleh sekitar 0,002 detik per hari per abad. Para ilmuwan tidak tahu bagaimana bulan diciptakan, tapi teori yang diterima secara umum menunjukkan bahwa sebagian besar objek berukuran Mars menghantam bumi menyebabkan Bulan untuk sempalan off.
7. Cahaya matahari menyinari bumi sekarang adalah berumur 30 ribu tahun.
Sun light from Above
Energi dari sinar matahari yang kita lihat hari ini mulai keluar di inti matahari 30.000 tahun yang lalu – ia menghabiskan sebagian besar waktu ini melewati atom lebat yang membuat matahari dan hanya 8 menit untuk sampai di bumi setelah meninggalkan Matahari! Suhu di inti matahari adalah 13.600.000 kelvin. Semua energi yang dihasilkan oleh fusi di inti harus berjalan melalui banyak lapisan berturut-turut ke fotosfer matahari sebelum lolos ke ruang angkasa sebagai cahaya matahari atau energi kinetik partikel.
8. Matahari kehilangan hingga satu miliar kilogram karena kedua angin matahari.
solar wind
Angin matahari adalah partikel bermuatan yang dikeluarkan dari permukaan atas matahari karena suhu tinggi korona dan tingginya energi kinetik partikel yang diperoleh melalui sebuah proses yang tidak dipahami dengan baik saat ini. Dan, apakah Anda tahu bahwa 1 orange bodoh dari energi matahari sudah cukup untuk membunuh seseorang pada jarak 160 kilometer?
9. Big Dipper bukan rasi bintang, ini adalah asterism(efek bintang)
BigDipper
Banyak orange menganggap Big Dipper adalah konstelasi tetapi, pada kenyataannya, itu adalah asterism. Sebuah asterism adalah pola bintang di langit yang tidak termasuk salah satu dari 88 rasi bintang resmi, mereka juga terdiri dari bintang-bintang yang secara fisik tidak berhubungan satu sama lain dan dapat terpisah dengan jarak yang jauh. Sebuah asterism dapat terdiri dari bintang-bintang dari satu atau lebih rasi – dalam kasus Big Dipper, itu seluruhnya terdiri dari tujuh bintang terang di konstelasi Ursa Major.
10. Uranus awalnya bernama George’s Star
uranus
Ketika Sir William Herschel menemukan Uranus pada tahun 1781, ia diberi kehormatan untuk penamaan itu. Dia memilih untuk memberikan nama Georgium sidus (George’s Star) setelah pelindungnya baru, Raja George III (Mad Raja George). Ini adalah apa yang dia katakan:
Dalam usia menakjubkan kuno kali appellations Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus diberikan kepada Planet, sebagai nama utama mereka pahlawan dan dewa. Dalam era sekarang lebih filosofis itu tidak akan dibolehkan untuk meminta bantuan metode yang sama dan menyebutnya Juno, Pallas, Apollo atau Minerva, untuk sebuah nama untuk tubuh surgawi kami yang baru. Pertimbangan pertama dari peristiwa tertentu, atau kejadian luar biasa, tampaknya para kronologi: jika usia di masa depan itu harus diminta, saat ini ditemukan Planet terakhir ditemukan? Ini akan menjadi jawaban yang sangat memuaskan untuk mengatakan, “Pada masa pemerintahan Raja George the Third.”

Incoming search terms for the article:

Bagikan juga ke:

Tags: , ,

Anda diizinkan untuk berbagi (menyalin, mendistribusikan) & mengadaptasi artikel blog ini di bawah penggunaan lisensi yang sama Creativecommons Lisences dengan menyertakan link sumber asli pada tulisan anda. Mohon tinggalkan komentar, saran dan kritiknya atau anda juga bisa bertukar link dengan blog idebagusku.com
 
DEBAGUSKU .COM 

0 komentar:

Poskan Komentar

Sample Text

Teknik listrik atau teknik elektro (bahasa Inggris: electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.[1] Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.[1] Insinyur listrik adalah kaum profesional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik.[1] Teknik listrik bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik

Teknik tenaga listrik

Teknik elektromagnetik adalah cabang dari teknik listrik. Gambar menunjukkan rentang spektrum gelombang elektromagnet.

Teknik tenaga listrik memiliki sejarah yang panjang, dimulai pada tahun 1879 saat Thomas Alva Edison berhasil menciptakan lampu pijar yang dapat digunakan secara praktis.[1] Dalam waktu beberapa tahun Edison membangun sistem distribusi tenaga listrik arus searah di seputaran kota New York yang dapat menyuplai sekitar 400 lampu.[1] Pada akhir tahun 1880an distribusi arus listrik menggunakan arus bolak-balik mulai berkembang dan digunakan hingga saat ini.[1][2]

Teknik tenaga listrik adalah satu-satunya bidang yang secara khusus berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain.[1] Ini adalah spesialisasi tertua dari teknik listrik.[1]


network

Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut:

Berdasarkan definisi di atas, maka dalam sistem Tata Surya terdapat delapan planet. Hingga 24 Agustus 2006, sebelum Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union = IAU) mengumumkan perubahan pada definisi "planet" sehingga seperti yang tersebut di atas, terdapat sembilan planet termasuk Pluto, bahkan benda langit yang belakangan juga ditemukan sempat dianggap sebagai planet baru, seperti: Ceres, Sedna, Orcus, Xena, Quaoar, UB 313. Pluto, Ceres dan UB 313 kini berubah statusnya menjadi "planet kerdil/katai."

Planet diambil dari kata dalam bahasa Yunani Asteres Planetai yang artinya Bintang Pengelana. Dinamakan demikian karena berbeda dengan bintang biasa, Planet dari waktu ke waktu terlihat berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang yang satu ke rasi bintang yang lain. Perpindahan ini (pada masa sekarang) dapat dipahami karena planet beredar mengelilingi matahari. Namun pada zaman Yunani Kuno yang belum mengenal konsep heliosentris, planet dianggap sebagai representasi dewa di langit. Pada saat itu yang dimaksud dengan planet adalah tujuh benda langit: Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Astronomi modern menghapus Matahari dan Bulan dari daftar karena tidak sesuai definisi yang berlaku sekarang. Sebelumnya, planet-planet anggota tata surya ada 9, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter/Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun, tanggal 26 Agustus 2006, para ilmuwan sepakat untuk mengeluarkan Pluto dari daftar planet sehingga jumlah planet di tata surya menjadi hanya 8.

Para ilmuwan juga telah menemukan planet yang diselubungi gas yang dinamakan WASP-33b atau disebut juga HD15082. Dan belakangan terungkap, ini adalah planet paling panas yang pernah ditemukan. Bayangkan, suhu permukaan eksoplanet ini sampai 3.200 derajat Celcius atau lebih dari setengah suhu permukaan Matahari yang mencapai 6.000 derajat Celcius.Permukaan planet yang membara ini diketahui dari orbitnya yang dekat bintang mirip Matahari yang suhunya sampai 7.160 derajat Celcius. Letaknya 380 tahun cahaya di konstelasi Andromeda.

Para astronom kali pertamanya menyadari eksistensi Planet WASP-33b pada tahun 2006, setelah beberapa kali mengobservasi fase redup bintang induknya.

BINTANG

Matahari adalah bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi baik pada gugusan galaksi bima sakti maupun pada galaksi andromeda
A. Jarak Matahari Ke Bumi SEKITARyaitu sekitar 150 juta km. 150 juta kilo meter disebut juga sebagai satuan astronomi.
B.Bagian-Bagian Susunan Matahari
- Fotosfer adalah Bagian lapisan permukaan yang memancarkan cahaya yang kuat dan menyilaukan.
- Kormosfer adalah Lapisan gas yang sangat tebal.
- Korona adalah Lapisan atmosfer terluar matahari.
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTchg9dCNFMC8FS-q4Xf6KjmDfSJ0pHMPUPgu1o7hWD45LvdH1z




PENJELASAN TENTANG BENDA LANGIT
  • Meteor
Meteor adalah benda ruang angkasa yang masuk kedalam atmosfer bumi karena tertarik oleh gravitasi bumi dengan kecepatan tinggi dan berpijar karena gesekan dengan atmosfer yang menyebabkan benda tersebut terbakar

Lebih lanjut tentang: Pengertian dan Penjelasan Macam-Macam Benda Langit.
  • Meteorit
Meteorit adalah benda-benda ruang angkasa yang bergerak dengan kecepatan tinggi yang jumlahnya tak terhitung. Meteorit memiliki berbagai bentuk, kandungan pembentuknya, massa, warna, sifat dan kepadatannya.

SEJARAH PLANET

Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, pengertian istilah “planet” berubah dari “sesuatu” yang bergerak melintasi langit (relatif terhadap latar belakang bintang-bintang yang “tetap”), menjadi benda yang bergerak mengelilingi Bumi. Ketika model heliosentrik mulai mendominasi pada abad ke-16, planet mulai diterima sebagai “sesuatu” yang mengorbit Matahari, dan Bumi hanyalah sebuah planet. Hingga pertengahan abad ke-19, semua obyek apa pun yang ditemukan mengitari Matahari didaftarkan sebagai planet, dan jumlah “planet” menjadi bertambah dengan cepat di penghujung abad itu.

Selama 1800-an, astronom mulai menyadari bahwa banyak penemuan terbaru tidak mirip dengan planet-planet tradisional. Obyek-obyek seperti Ceres, Pallas dan Vesta, yang telah diklasifikasikan sebagai planet hingga hampir setengah abad, kemudian diklasifikan dengan nama baru "asteroid". Pada titik ini, ketiadaan definisi formal membuat "planet" dipahami sebagai benda 'besar' yang mengorbit Matahari. Tidak ada keperluan untuk menetapkan batas-batas definisi karena ukuran antara asteroid dan planet begitu jauh berbeda, dan banjir penemuan baru tampaknya telah berakhir.

Namun pada abad ke-20, Pluto ditemukan. Setelah pengamatan-pengamatan awal mengarahkan pada dugaan bahwa Pluto berukuran lebih besar dari Bumi, IAU (yang baru saja dibentuk) menerima obyek tersebut sebagai planet. Pemantauan lebih jauh menemukan bahwa obyek tersebut ternyata jauh lebih kecil dari dugaan semula, tetapi karena masih lebih besar daripada semua asteroid yang diketahui, dan tampaknya tidak eksis dalam populasi yang besar, IAU tetap mempertahankan statusnya selama kira-kira 70 tahun.

NAMA LAIN PLANET

ArabSyamsUtaaredZuhraArdQamar
BelandaZonMercuriusVenusAardeMaan
BengaliSuryaBudhShukraPrithiviChand
CantonTaiyeungSuisingGumsingDeiqaoYueqao
FilipinaArawMerkuryoBenoDaigdigBuwan
GujaratiSuryaBudhShukraPrathiviChandra
IndonesiaMatahariMerkuriusVenusBumiBulan
InggrisSunMercuryVenusEarthMoon
JawaSrengengeBudaKejoraJagadWulan
JepangTaiyouSuiseiKinseiChikyuuTsuki
JermanSonneMerkurVenusErdeMond
LatinSolMercuriusVenusTerraLuna
MelayuMatahariUtaridZuhrahBumiBulan
MandarinTaiyangShuixingJinxingDiqiuYueqiu
PerancisSoleilMercureVénusTerreLune
PortugisSolMercúrioVênusTerraLua
RussiaSolnceMerkurijVeneraZemljaLuna
SansekertaSuryaBudhaSukraDharaChandra
ThailandSuryaBudhaSukraLokChandra
YunaniHeliosHermesAphroditeGaeaSelene
selamat datang di dafer

Ads 468x60px

Followers

Slidershow

ELEMEN

ELEMEN

planet

planet

rasi bintang

rasi bintang
semua rasi bintang

MATAHARI

MATAHARI

planet

planet
CAH_BHE. Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
DAFER © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting